Friday, September 21, 2007

Gou qi zi (wolfberry)

Nama pin yin : Gou qi zi
Nama English : lycium fruit, matrimony vine fruit, barbary wolfberry. Name Farmasi : Fructus Lycii
Sifat : Manis, Netral
Afinitas : Hati, Ginjal, Paru-paru

Gou qi zi (wolfberry) sering ditemukan dalam chinese cuisine. Karena rasanya yang manis, herbal yang berwarna merah menyala ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk perawatan kesehatan yang bisa ditambahkan ke dalam masakan daging rebus, ayam atau seafood.

Buah wolfberry mengandung beta-carotene, vitamin C, vitamins B1 and B2, beta-sitosterol (zat anti-inflamasi), linoleic acid (fatty acid), immunologically active polysaccharides (5-8%), sesquiterpenoids (cyperone, solavetivone), tetraterpenoids (zeaxanthin, physalin) dan betaine (0.1%).

Berdasarkan teori tradisional china, wolfberry berkhasiat memperkuat darah, memperkuat yin, memperkuat ginjal dan hati dan memberi kelembaban pada Paru-paru. Wolfberry kerap digunakan pada penyakit "konsumtif" yang diikuti dengan rasa haus (seperti pada penyakit diabetes dan tuberculosis), untuk pusing, pandangan kabur, penglihatan kurang jelas dan batuk kronis.

Dari berbagai khasiat yang bisa didapat dari wolfberry, khasiat untuk mata adalah yang lebih menonjol darinya. Orang yang lanjut usia bisa mengkonsumsi wolfberry untuk memperbaiki lutut dan lengan kaki yang lemah. Untuk mendapatkan efek terapi, wolfberry perlu dikonsumsi dalam waktu tertentu.

Wolfberry juga bisa direndam dalam minuman beralkohol untuk mendapatkan extract-nya. Pemakaian dengan cara ini biasa digunakan untuk pengobatan impotensi, di mana konsumsi 10 gram/hari dalam jangka waktu tertentu bisa meningkatkan tingkat androgen di dalam darah. Diyakini zat sitosterol atau terpenoid memainkan peranan dalam hal ini.

Wolfberry juga dapat menurunkan kolesterol dan gula darah serta menghambat terjadinya atherosclerosis.

Efek farmakologi yang sudah diketahui dari wolfberry antara lain :
- Immunostimulant : Pemakaian wolfberry bisa meningkatkan immunitas no spesifik yaitu peningkatan aktivitas phagocytis dari macrophage dan jumlah total Sel T berkat kandungan polysaccharides yang dimilikinya.
- Hematologi : wolfberry juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih.
- Antineoplastic : wolfberry meningkatkan sistem kekebalan dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Salah satu penelitian yang sudah dilakukan terhadap wolfberry adalah dalam pengobatan infertilitas. Pada salah satu studi, pria dengan jumlah sperma yang rendah dan motilitas sperma yang jelek diterapi dengan 15 gram wolfberry segar yang dikonsumsi pada saat makan malam selama sebulan. Pasien disarankan untuk tidak melakukan aktifitas seksual selama pengobatan. Dari 42 pasien, 23 pasien menunjukkan jumlah dan motilitas sperma yang menjadi normal setelah satu bulan, 10 pasien lainnya mendapatkan hasil yang sama setelah 2 bulan, sedangkan 9 pasien sisanya tidak ada perubahan. Dalam kunjugan follow up 2 tahun setelah pengobatan, 33 pasien yang memiliki jumlah sperma yang normal sudah berhasil mendapatkan keturunan.

Gou qi zi bisa ditemukan di toko obat china, pasar tradisional atau hypermart seperti carre four. Dosis pemakaian rata-rata adalah 20 gr.

Jika sedang flu, demam, ada penyakit infeksi, perut terasa kembung, atau diare, sebaiknya hindari konsumsi gou qi zi.

No comments: